Persiapan Lamaran

10:07 PM


Assalaamu’alaikum wr wb

Semoga yang sedang membaca tulisan ini selalu Allah kasih kesehatan, kenikmatan, dan kemudahan setiap urusan nya termasuk kemudahan untuk bisa baca blog saya ini hehe. Seperti tulisan saya yang Cerita Lamaran kemarin, kali ini saya akan bahas tentang Persiapan Lamaran. Kali aja salah satu diantara kalian yang sedang membaca tulisan ini yaitu yang sedang mempersiapkan Engagement/Khitbah/Lamaran dalam waktu dekat.


Pertama, Calon Pasangan.
Calon pasangan yang mau diajak nikah, hehe. Yaiyalah yaah mau di lamar atau ngelamar eh tapi belum ada pasangannya. Kejar dulu dong pasangannya hehe. Kalau sudah ada pasangan bisa di segerakan deh untuk melangsungkan lamaran. Menurut saya, lamaran ini bisa di sesuaikan dengan tradisi daerah kalian masing-masing. Bahkan ada yang engga perlu ada acara lamaran, langsung akad nikah aja. Silahkan saja kalian menyesuaikan dengan tradisi masing-masing.

Kedua, Tentukan Waktu dan Tempat.
Pasangan sudah ada, segera deh tentukan waktu yang telah di sepakati kedua belah pihak untuk mengadakan acara lamaran. Kebanyakan sih di hari weekend/libur ya, karena lamaran tidak hanya si wanita dan laki-laki nya saja tetapi keluarga inti bahkan keluarga besarnya pun ikut jadi perhatikan untuk waktu yang pas agar bisa hadir. Kalau saya kemarin memilih di hari Sabtu, karena di hari Minggu nya bisa beberes dan istirahat setelah lumayan lelah menyiapkan acara H Lamaran. Saya pun mulai cuti di hari Jum’at untuk menyiapkan segala sesuatu nya di hari Sabtunya, karena saat itu cuti saya masih banyak dan waktu hangusnya cuti pada bulan Februari tersebut yaudahlah sekalian saya ambil cuti 2 hari setelah hari H lamaran. Hehehe. Kalau soal tempat, saya dan orangtua memilih di rumah karena memang sederhana tapi tetap berkesan. Lagi pula biar menjadi saksi di setiap sudut rumah orangtua ini karena di datangi calon besan hehe.

Ketiga, Budget.
Pasangan sudah ada, waktu dan tempat sudah di tentukan. Nah waktunya buat mengalokasikan budget nih, sebenernya untuk bagian ini bisa di sesuaikan dengan kesediaan masing-masing ya jadi engga bisa di samakan. Alhamdulillah saya dan mas selalu mengkomunikasikan bagian ini secara transparan dan terbuka, jadi bukan menjadi hal yang tabu atau menjadi rahasia satu sama lain karena bagian ini memang harus secara terbuka di komunikasikan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang menimbulkan konflik kecil. Nah, di bagian ini saya membuat tabel budgeting anggaran dan realisasi seperti di bawah ini.


Silahkan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing ya. Menurut saya membuat perencanaan budgeting seperti ini sangat membantu agar kita tetap terkontrol dalam mengeluarkan budget untuk lamaran. 

Keempat, Panitia.
Bagian ini nih yang kadang terlupakan dan ga terlalu di rencanakan sebelumnya, termasuk saya hehe. Emang sih saat udah menjelang hari H lamaran kita udah terlalu happy jadi engga kepikiran soal ini. Padahal menurut saya ini juga salah satu bagian yang penting. Panitia disini lebih kepada orang yang membantu kita dari hal printilan sampai hal yang besar. Seperti siapa yang menghandle bagian makanan, siapa yang mengisi acara, yang menjadi PIC dokumentasi, make up, dll. Tapi biasanya kalau sudah hal ini, banyak yang membantu baik dari segi waktu, jasa, materi dan yang lainnya. Pokoknya selalu berhusnudzon dan banyak-banyakin berdo’a, juga engga lupa minta do’a dari orang-orang terdekat.

Saling mendo’akan yah temans.

Stay tune terus di postingan tulisan saya tentang #chintiabudilamaran selanjutnya!

Wassalaamu’alaikum, Wr. Wb

ChintiaHarviantyPutri | Twitter : @harvianty | IG :  @chintiaharvianty

Tangsel, 13 April 2019

You Might Also Like

2 comments

  1. Semoga diberikan kelancaran jeng sampai waktunya tiba :))))

    ReplyDelete

Blogger Perempuan

IHBlogger

Subscribe