Save Time, Stop Washing Time!
7:41 AM
Bismillaahirrahmaanirrahiim...
Semua manusia
berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan
perbuatan-perbuatan baik. (QS. Al Ashr)
Lalu, bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu
dengan baik? Kita harus mempunyai time
management? Apa itu? Time Management
adalah menyesuaikan kegiatan yang kita punya dengan
waktu yang telah tersedia.
Pergunakan waktu yang telah tersedia. Diantaranya
harus bisa :
1. Mengatur diri sendiri
Kalo bukan diri kita sendiri yang mengatur, lantas siapa lagi? Kita
sendiri yang mengetahui segala kebutuhan. Apa yang diatur? Ya, segala yang
berhubungan dengan diri kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, waktu
yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan mengetahui kebutuhan-kebutuhan kita dan
mengaturnya dengan baik.
2. Menginvestasikan waktu
Investasi waktu? Waktu emang bisa diinvestasikan? Bukannya uang?
Sebagian teman-teman pasti kebanyakan hanya mendengar investasi tentang uang.
Lalu bagaimana dengan investasi tentang waktu? Maksud menginvestasikan waktu disini
adalah menggunakan waktu yang telah tersedia agar menjadi waktu yang produktif,
sehingga dengan waktu tersebut kita dapat membuat dan menghasilkan sesuatu.
3. Memanage diri sendiri
Setelah kita bisa mengatur diri sendiri seperti pada point ke 1 diatas,
hal tersebut berhubungan pada point ke 3 ini yaitu memanage diri sendiri.
Memanage suatu organisasi/perusahaan aja harus perlu ilmu, apalagi memanage diri sendiri. Ini yang
terpenting. Sebelum kita memanage
organisasi/perusahaan sudah seharusnya kita juga bisa memanage diri sendiri. Apa gunanya memanage diri sendiri? Untuk menggunakan waktu yang telah tersedia
ini dengan efektif dan efesien. Efektif dalam menggunakan waktu, sehingga
sesuatu kegiatan yang kita lakukan bisa tepat waktu. Efesien dalam menggunakan
waktu, sehingga kegiatan apapun yang kita lakukan tidak mengakibatkan biaya
yang boros karena kita kurang bisa memanage nya. Mengetahui dengan baik
bagaimana cara memanfaatkan waktu untuk setiap task dan kapan deadlinenya.
Lalu lanjutkan dengan menentukan mana yang lebih baik dulu harus dikerjakan.
4. Selalu membuat goals
Tidak hanya organisasi/perusahaan saja yang membuat dan mempunyai goals. Dalam menjalankan hidup kita
pun harus membuat dan mempunyai goals. Apa itu goals? Goals adalah sebuah
tujuan. Ketika sudah mempunyai tujuan, kita akan lebih mudah untuk menggunakan
waktu dengan baik untuk mencapai tujuan tersebut.
5. Hindari membuang waktu
Setelah kita mengetahui point-point diatas, kerjakan apapun tugasmu
dengan maksimal segera mungkin. Jangan membuang waktu dengan sia-sia. Jangan
pernah katakan “I’ll do it later!!!”.
Buatlah timer sebagai pengingat.
Terlebih pada saat kita melakukan kegiatan di luar rumah, terkadang saat kita
bertemu dan bersilahturrahiim dengan teman-teman hal ini dapat membuat kita
terlalu asyik dan terlena dengan waktu. Gunakan pengingat agar kita bisa
menggunakan waktu dengan baik dan teratur. Salah satu nya kita bisa menggunakan
jam tangan pada setiap aktivitas kita agar kita dapat mempertegas kegiatan yang akan kita lakukan dengan baik seperti yang saya lihat lewat koleksi jam tangan bonia yang ada di Zalora.
Jadi, sudah siap kan menggunakan waktu dengan baik agar menjadi pribadi
yang tidak merugi?
Tangsel, 19 Feb 2015
0 comments