Save Time, Stop Washing Time!

7:41 AM

Bismillaahirrahmaanirrahiim...



Semua manusia berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik. (QS. Al Ashr)

Lalu, bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik? Kita harus mempunyai time management? Apa itu? Time Management adalah menyesuaikan kegiatan yang kita punya dengan waktu yang telah tersedia.

Pergunakan waktu yang telah tersedia. Diantaranya harus bisa :

1. Mengatur diri sendiri

Kalo bukan diri kita sendiri yang mengatur, lantas siapa lagi? Kita sendiri yang mengetahui segala kebutuhan. Apa yang diatur? Ya, segala yang berhubungan dengan diri kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, waktu yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan mengetahui kebutuhan-kebutuhan kita dan mengaturnya dengan baik.

2. Menginvestasikan waktu

Investasi waktu? Waktu emang bisa diinvestasikan? Bukannya uang? Sebagian teman-teman pasti kebanyakan hanya mendengar investasi tentang uang. Lalu bagaimana dengan investasi tentang waktu? Maksud menginvestasikan waktu disini adalah menggunakan waktu yang telah tersedia agar menjadi waktu yang produktif, sehingga dengan waktu tersebut kita dapat membuat dan menghasilkan sesuatu.

3. Memanage diri sendiri

Setelah kita bisa mengatur diri sendiri seperti pada point ke 1 diatas, hal tersebut berhubungan pada point ke 3 ini yaitu memanage diri sendiri.
Memanage suatu organisasi/perusahaan aja harus perlu ilmu, apalagi memanage diri sendiri. Ini yang terpenting. Sebelum kita memanage organisasi/perusahaan sudah seharusnya kita juga bisa memanage diri sendiri. Apa gunanya memanage diri sendiri? Untuk menggunakan waktu yang telah tersedia ini dengan efektif dan efesien. Efektif dalam menggunakan waktu, sehingga sesuatu kegiatan yang kita lakukan bisa tepat waktu. Efesien dalam menggunakan waktu, sehingga kegiatan apapun yang kita lakukan tidak mengakibatkan biaya yang boros karena kita kurang bisa memanage nya. Mengetahui dengan baik bagaimana cara memanfaatkan waktu untuk setiap task dan kapan deadlinenya. Lalu lanjutkan dengan menentukan mana yang lebih baik dulu harus dikerjakan.

4. Selalu membuat goals

Tidak hanya organisasi/perusahaan saja yang membuat dan mempunyai goals. Dalam menjalankan hidup kita pun  harus membuat dan mempunyai goals. Apa itu goals? Goals adalah sebuah tujuan. Ketika sudah mempunyai tujuan, kita akan lebih mudah untuk menggunakan waktu dengan baik untuk mencapai tujuan tersebut.

5. Hindari membuang waktu

Setelah kita mengetahui point-point diatas, kerjakan apapun tugasmu dengan maksimal segera mungkin. Jangan membuang waktu dengan sia-sia. Jangan pernah katakan “I’ll do it later!!!”. Buatlah timer sebagai pengingat. Terlebih pada saat kita melakukan kegiatan di luar rumah, terkadang saat kita bertemu dan bersilahturrahiim dengan teman-teman hal ini dapat membuat kita terlalu asyik dan terlena dengan waktu. Gunakan pengingat agar kita bisa menggunakan waktu dengan baik dan teratur. Salah satu nya kita bisa menggunakan jam tangan pada setiap aktivitas kita agar kita dapat mempertegas kegiatan yang akan kita lakukan dengan baik seperti yang saya lihat lewat koleksi jam tangan bonia yang ada di Zalora. 

Jadi, sudah siap kan menggunakan waktu dengan baik agar menjadi pribadi yang tidak merugi?



Tangsel, 19 Feb 2015

You Might Also Like

0 comments

Blogger Perempuan

IHBlogger

Subscribe