5 Komunitas Blog Indonesia

9:51 PM

Assalaamu’alaikum, wr wb

Hai readers, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat ya. Kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa komunitas blog yang ada di Indonesia. Penting banget bagi blogger untuk aktif bergabung di komunitas blog lho. Sebenernya apa sih manfaat nya kalo kita bergabung dengan komunitas blog? Banyak! Yaps banyak, karena dengan kita bergabung di komunitas yang sama dengan kesukaan atau hobi  yang tentunya sejalan dengan kita pasti ngerasa menemukan dunia kita banget dan bisa kenal dengan blogger-blogger yang udah sukses dengan blog nya, jadi nambah temen kan? Plus upgrade ilmu juga.

Singkat cerita, saya memulai ngeblog sekitar tahun 2011 dengan memulai tulisan yang isinya kebanyakan kaya curhat hehe. Seiring waktu, mulai kesini saya mencoba terus untuk belajar membuat branding di blog saya ini yang sekarang temen-temen bisa nikmati hihi. Beberapa komunitas blog yang akan saya sharing disini ada yang saya ikut bergabung di dalamnya dan ada yang tidak.

source : google.com


Berikut 5 komunitas blog versi CHP, yang saya temui di dunia blogger.

1           1.   Indonesian Hijab Blogger
Indonesian Hijab Blogger (IHB) adalah wadah silaturrahmi dan berkumpulnya para hijab blogger di seluruh Indonesia. Berbagi informasi dan link dari dan untuk para hijab blogger. IHB ini tidak memfokuskan kepada satu karakteristik blog saja, tetapi mencakup semua kategori di dunia perblog-an mulai dari Tips blog, travel, beauty, fashion, food, sastra, islamic studies, personal blog dan sebagainya.” (source : http://indonesian-hijabblogger.com)

Segmen IHB ini memang wanita muslimah, terlihat dari tim dan member IHB yang ikut bergabung. Founder IHB nya juga hijab blogger yang sudah sangat eksis di dunia blogger seperti Suci Utami, Ola Aswandi, Nalia Rifika, dan Puput Utami. IHB juga sering mengadakan acara offline seperti talk show atau workshop.

Komunitas IHB adalah salah satu komunitas blog pertama yang saya ikuti, sebagai member IHB. Di IHB ini kalau kita sudah join dan daftar sebagai member nya, otomatis setiap postingan blog terbaru kita itu masuk ke blogroll di web IHB. Jadi Blogroll IHB ini adalah kumpulan postingan temen-temen member, dan hanya menunjukkan 30 blog yang terakhir update dalam sebulan terakhir.

Bagi temen-temen hijabers yang aktif ngeblog dan mau join bisa mampir ke Website IHB ya.


2.    Blogger Perempuan Network
“Blogger perempuan network adalah situs jaringan blogger khusus perempuan yang didirikan pada awal 2015. Blogger perempuan merupakan buah ide dari tiga perempuan dengan keahlian masing-masing di dunia online. Ketiganya disatukan oleh tiga persamaan yaitu perempuan, jatuh cinta dengan dunia online, dan memiliki keinginan memajukan kedudukan Blogger Perempuan asal Indonesia.” (source : https://bloggerperempuan.co.id)

Blogger Perempuan Network atau lebih sering disingkat BP Network ini menurut saya lebih membahas bagaimana mengoptimalisasikan blog agar bisa menjadi blog yang mempunyai value added. Komunitas yang di bangun oleh Shintaries dan Almazia ini juga sering mengadakan workshop tentang blogging baik offline maupun online. BP Network mempunyai segmen lebih luas yaitu semua wanita Indonesia dan yang mempunyai passion di dunia blogging.

Kalau untuk ilmu-ilmu tentang blog, saya lebih banyak mengunjungi forum BP Network ini. BP Network ini juga merupakan komunitas blog kedua yang saya ikuti. Oiya forum ini tidak hanya aktif di website saja, tetapi juga aktif di Facebook Group . Jika temen-temen mau bergabung bisa di Community Website BP Network atau Facebook Grup BP Network.

3.    Kumpulan Emak Blogger
“Kumpulan Emak Blogger, komunitas blogger perempuan Indonesia dengan tagline “Kami Ada Untuk Berbagi” hadir sebagai inspirasi, terutama untuk perempuan Indonesia.
KEB berdiri pada 18 Januari 2012. Digagas oleh Mira Sahid, yang kemudian bersama Indah Julianti Sibarani, Sary Melati dan Nike Rasyid, mengembangkan KEB menjadi komunitas blogger perempuan pertama dan terbesar di Indonesia. Ribuan member KEB, baik yang berdomisili di dalam negeri maupun luar negeri, terdiri dari beragam latar belakang.” (source : https://emak2blogger.com)

Komunitas ini lebih sering di singkat dengan KEB, dan mempunyai segmen yaitu emak-emak yang mempunyai passion di dunia blogging. Saya kurang tahu apakah member semuanya diisi dengan emak-emak atau ada juga yang kaya saya (calon emak-emak) hehe. Terlihat dari isi  konten di website nya yang kebanyakan tentang lifestyle emak-emak dan parenting, juga beberapa foto-foto acara workshop nya yang keliatan emak-emak yang jago ngeblog.

Bagi emak-emak atau calon emak-emak yang tertarik dan mau gabung, coba aja liat mak ke Website KEB atau Facebook Group KEB .

4.    Warung Blogger
“Warung Blogger (WB) awalnya adalah sebuah komunitas blogger di group facebook. Rumah untuk berbagi Informasi, Ilmu, serta senyuman dengan membangun kebersamaan dan silaturahmi yang Indah. Sejak didirikan oleh Lozz Akbar pada bulan Mei 2011, komunitas ini sudah mempunyai ribuan member.  Warga Warung Blogger adalah sebutan untuk para anggotanya. Setelah dibuatkan Logo WB bertajuk "Ngopi Asyik Bareng Blogger" oleh Jumialely, akhirnya diputuskan bahwa tanggal 25 Mei adalah hari jadi Warung Blogger.” (source : http://www.warungblogger.org)

WB ini merupakan komunitas blog ketiga yang saya ikuti. Biasanya saya lebih aktif sharing postingan terbaru saya ini lewat forum nya WB di twitter. Di Facebook Group dan Facebook Fanpage juga aktif member-member nya  WB yang saling menyapa, blogwalking, sampai saling berdiskusi. Segmen untuk WB ini lebih luas banget yaitu semua blogger Indonesia baik wanita atau laki-laki. Konten yang ada di WB juga lebih beragam dan lebih luas.

Temen-temen yang mau join ke Warung Blogger bisa langsung cekidot di Website WB atau Twitter WB.

5.    Blogger Reporter Indonesia
“Sebuah komunitas blogger yang menitikbertakan pada pembuatan dan pendistribusian konten blog secara bertanggung jawab, dimana salah satu dasar pokoknya yaitu tidak boleh menggunakan akun samara (anonym). Situs www.bloggerreporter.org mengambil peran sebagai wadah agregasi yang menampung ringkasan tulisan blog dari anggotanya. Disini, Anda bisa bergabung dan ikut serta berbagi tautan tulisan berdasarkan kategori yang telah disediakan.” (source : www.bloggerreporter.org)

Komunitas blog ini lebih luas konten nya, mulai dari sosial, bisnis, budaya, gaya hidup, dll. Namanya juga blogger reporter, isi konten nya pun lebih ke laporan suatu berita atau informasi. Bagi saya ini yang menjadi pembeda sendiri bagi komunitas blog lainnya. Buat yang mau tau lebih lengkapnya atau yang tertarik mau gabung, coba cek aja di Web Blogger Reporter.

Sebenernya masih banyak komunitas blog lainnya lho, tapi saya ringkas menurut versi saya ini. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi referensi temen-temen blogger buat bergabung dengan komunitas blog yang cocok dan pas ya.

Wassalaamu’alaikum, wr wb

ChintiaHarviantyPutri | Twitter : @harvianty | IG :  @chintiaharvianty

Tangsel, 03 Desember 2017

You Might Also Like

1 comments

Blogger Perempuan

IHBlogger

Subscribe