Edisi Ramadhan : Sembunyikan Amal

8:49 AM

Bismillaahirrahmaanirrahiim..



Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memperdengarkan amalnya, maka Allah akan memperdengarkan aibnya (tersebar kepada manusia). Dan barangsiapa beramal karena riya’ (ingin dilihat), maka Allah akan memperlihatkan (aib) niatnya (di hadapan manusia).” (HR. Bukhari : 6499, Muslim : 2987)

Alhamdulillaah kita telah masuk hari ke-7 di bulan Ramadhan 1436 H, itu artinya sudah seminggu berpuasa. Bagaimana ibadah nya? Sudah juz berapa baca Al Qur’an nya? Sedekahnya? Semoga  seminggu yang telah dilakukan ini Allah jadikan amal sholeh ya. Ramadhan.. bulan Al qur’an, bulan ibadah, bulan yang isinya penuh ketaatan dan ketaqwaan bagi yang menjalankannya. Semua yang beriman pasti berlomba-lomba dalam kebaikan dan meraih pahala di dalam bulan ini.

 “Alhamdulillaah hari ini sudah selesai baca Al Qur’an 1 juz”

“Siang tadi abis ngaji, subhanallah dapat ilmu banyak”

“Alhamdulillaah malam ini bisa shalat tarawih bareng suami”

Readers... pernah mendapati status-status semacam diatas? Atau bahkan diri sendiri pernah update status seperti itu?

Yuk, pelan-pelan kita belajar untuk menyimpan baik-baik amal kebajikan kita melebihi kepiawaian kita menutupi aib dan keburukan yang kita punya. Amal kita cukup private hanya untuk Allah saja, bukan untuk dipublikasikan kepada banyak orang yang akan menimbulkan kesan riya’. Apalagi sekarang bulan Ramadhan yang penuh dengan amalan kebajikan. Jangan sampai pahala ibadah Ramadhan kita berkurang hanya cuma kelalaian kita. Kurangi ber-gadget ria, jangan sampai waktu ber-gadget lebih banyak dari kita membaca Al Qur’an, berdzikir, dan beribadah lainnya. Fokuskan beribadah hanya untuk Allah semata.

Etss.. tapi bedakan ya antara amalan karena riya atau memberi semangat. Semua itu tergantung pada niat, hanya Allah yang mengetahui niat seseorang dan cukup Allah sebagai sebaik-baiknya penilai.

Semoga kita menjadi alumni ramadhan yang mabrur, sehingga bisa meraih kemenangan yang hakiki. Aamiin.. Mohon maaf lahir bathin jika ada kekhilafan dalam penulisan, penulis juga masih banyak belajar. Semangat ramadhan! Ramadhan Kareem everyone <3

Tulisan ini diikutsertakan dalam IHB Blog Post Challenge Ramadhan :)



Tangsel, 24 Juni 2015

You Might Also Like

2 comments

  1. Amiin semoga jadi alumni ramadhan yang mabrur ya Mba :)

    ReplyDelete
  2. karena amalan bukan untuk dipublikasi .. cukup kita saja yang tahu :)

    ReplyDelete

Follow by Email

We promise, we will only send you awesome stuff which will make your day!

Blogger Perempuan

IHBlogger

Subscribe