Odontectomy : Menghempas si 'Bungsu'

9:13 PM


Assalaamu’alaikum wr wb

“Lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi” (gamau dua-dua nya deh!)
Pernah denger kalimat diatas kan? Kebanyakan kalimat tersebut keluar dari orang yang lagi sakit gigi hehe. Katanya kalo sakit gigi mau makan susah, ngomong susah. Hem padahal mah dua-dua nya juga ga enakin dan bikin mood jelek. Haha

Langsung aja deh yah, tulisan saya kali ini mau berbagi cerita tentang permasalahan gigi yang baru aja saya alami. Berawal yang saya kira nyeri gusi gigi biasa eh ternyata berujung pencabutan gigi Odontectomy. Apa itu Odontectomy? Mungkin kalian yang di bidang spesialis gigi atau yang ngerti masalah gigi pasti ga asing dan lebih paham. Buat kalian yang masih awam, jadi itu intinya pencabutan gigi geraham bungsu yang perlu teknik khusus dalam pencabutannya. Karena keberadaan gigi ini di bagian dalam, ujung, dan sering kali numbuhnya bermasalah (setiap orang mempunyai kasus yang berbeda-beda), dan ga sembarangan seperti cabut gigi biasa. Makanya sering di sebut operasi kecil cabut gigi.

Pertama, saya konsultasi ke dokter gigi langganan saya di salah satu RS di daerah Jakarta Selatan. Curiga ada yang bolong lagi di gigi saya, dan berharap bisa langsung dilakukan penambalan. Tapi ternyata dokter malah langsung nyaranin untuk di rontgen dulu untuk melihat tindakan apa yang bisa dilakukan soalnya itu tadi posisi nya di gigi geraham paling ujung bagian bawah sebelah kanan. Dokter nya sih udah nyaranin untuk di operasi atau di bedah. Oiya karena kondisi saya saat konsultasi itu sedang merasakan nyeri pada gusi dan gigi, dokter memberi obat pereda nyeri.

Oke selanjutnya saya melakukan rontgen di Laboratorium Klinik Pramita daerah Kebun Jeruk, Jakarta Barat, namanya rontgen gigi panoramic. Setelah itu hasilnya saya infokan ke dokter, setelah melihat kondisi gigi saya melalui rontgen tersebut, dokter langsung memberi saran untuk melakukan tindakan operasi ke bedah mulut. What? Langsung parno seketika, dan mencoba untuk rileks dan berfikir gimana jalan keluarnya. Setelah searching-searching, dan minta saran ke temen yang perawat gigi akhirnya saya memutuskan untuk ganti dokter aja dan beralih ke OMDC Dental Clinic.

OMDC Mini Joglo

Saya ke OMDC Dental Clinic cabang Joglo, Jakarta Barat. Pertama saya kesana langsung reservasi untuk tindakan penambalan gigi. Tapi ternyata setelah di lihat langsung gigi saya dan hasil rontgen nya, dokter memberi 2 pilihan saran yaitu pertama, coba konsultasi ke dokter spesialis saraf gigi apakah masih bisa untuk perawatan saluran akar dan penambalan, hanya saja proses ini bolak balik perawatan karena tidak cukup sekali dua kali. Saran kedua, operasi kecil pencabutan gigi geraham bungsu atau odontectomy. Cukup dilema atas pilihan tersebut (duileh) akhirnya saya memilih untuk di operasi kecil odontectomy itu. Pertimbangannya adalah kalo saya keukeuh hanya perawatan saluran akar saja belum tentu akan tuntas dan pasti masih sering kambuh plus keluar biaya lebih banyak. Oke, mending saya langsung mengeluarkan biaya yang cukup besar di depan dan bisa tuntas selamanya.

Singkat cerita, proses odontectomy di OMDC Dental Care ini cukup memuaskan dan profesional. Hanya saja ketakutan saya yang berlebihan haha maklum first impression cabut gigi langsung operasi kecil. Alhamdulillah kondisi saya saat itu lagi happy, udah ga nyeri di bagian gusi atau gigi, badan juga lagi sehat dan enak. Kudu gitu emang kalo mau cabut gigi, apalagi bukan sembarang cabut gigi biasa. Pake ada proses jahit menjahit dan darah mengalir terus dari mulut. Masya Allah prosesnya kudu sabar bangettttt. Segala pipi bengkak sebelah, nguyah susah, makan bingung, ngeludah keluar darah terus. Proses itu semua puncak nya 2-3 hari setelah operasi. Pasca operasi sampe buka jaitan adalah proses menikmati makan bubur terus menerus, karena mulut belum bisa terbuka lebar, nguyah belum bisa yang keras dan lama. Hampir seminggu pipi kembali normal, mulai latihan makan nasi dan jaitan pun sudah bisa lepas pas seminggu setelah operasi.

Alhamdulillah bisa di lewati dengan baik setelah mengikuti prosedur dari dokter dan dukungan dari orang terdekat. Sekarang bener-bener sudah normal kembali. Bener lho anjuran dokter gigi yang mengharuskan kita aware untuk merawat gigi minimal 6 bulan sekali untuk melakukan perawatan gigi minimal seperti perawatan scaling (membersihkan karang gigi) .

Yuk sekarang coba cek, keluhan apa yang sering muncul di gigi dan jangan sampe seperti saya yang baru ngeh pas udah ngerasain sakit. Apalagi yang punya si bungsu alias gigi geraham bungsu yang keberadaannya bermasalah. Segera konsultasi yaa. Jangan sampe si bungsu terus nyakitinnnn hhehe.

Salam gigi sehat! Biar bisa #nyengirterus #makanenak

Seminggu lebih pasca operasi


Wassalaamu’alaikum, Wr. Wb

ChintiaHarviantyPutri | Twitter : @harvianty | IG :  @chintiaharvianty

Tangsel, 20 Okt 2018

You Might Also Like

0 comments

Blogger Perempuan

IHBlogger

Subscribe